If you don't know, just say "I don't know." Just that simple okay.



"Ego", seringkali menyesatkan kita ke dalam hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Mungkin ini dianggap kecil oleh sebagian orang, tetapi hal besar tidak akan pernah ada tanpa sebuah hal kecil yang mendahuluinya.

Kita sering merasa terlalu angkuh untuk mengakui bahwa ada suatu hal yang tidak kita tahu dengan pasti. Kita merasa seolah-olah sangat yakin dan menyampaikan hal tersebut kepada orang lain, padahal di dalam hati kecil kita timbul pertanyaan. Pernahkah anda menyadari bahwa hal ini bisa membawa hal yang tidak kita inginkan.

Bayangkan, apabila pada suatu lingkungan kerja anda menyampaikan hal "sok tahu" tersebut, dan orang yang "lebih tahu" dari anda tidak enak menegur anda karena akan membuat malu anda. Apa jadinya pekerjaan yang sedang anda kerjaan tersebut?

Hal yang harus kita lakukan untuk memperbaiki hal ini adalah jujur. Cukup mulailah jujur pada diri anda sendiri dulu. Betapa mahalnya sebuah kejujuran bukan?

Like The Buddha said,
"Bila orang bodoh dapat menyadari kebodohannya,
maka ia dapat dikatakan bijaksana;
tetapi orang bodoh yang menganggap dirinya bijaksana,
sesungguhnya dialah yang disebut orang bodoh."


Marilah kita belajar untuk menjadi orang bodoh yang belajar untuk menjadi bijaksana. So, If you don't know, just say "I don't know." Just that simple okay. :)


sumber data:
- Dhammapada
- picture

0 comments:

Post a Comment